swaperiksa new Pelantikan PP PDSKJI 2022 JSPN Round Table held on March 4th

Selamat Datang di website resmi PDSKJI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia). Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran-kesehatan, membuat para dokter pada umumnya dan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa pada khususnya dapat memberikan pelayanan kesehatan yang profesional

Readmore »
SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA 2023
Selamat Hari Lahir Pancasila 2023! Hari ini kita merayakan momen bersejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Setiap tanggal 1 Juni, kita memperingati kelahiran Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Hari Lahir Pancasila adalah kesempatan bagi kita semua untuk merenungkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila, karena itu, ada baiknya hari ini dimaknai dengan penuh semangat dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia, dan bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA #dokter #psikiater #dokterjiwa #idi #pancasila #pdskji #indonesia #harilahirpancasila https://www.instagram.com/reel/Cs7Z6rfrA3e/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==
PEDULI DOKTER INDONESIA
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1444 H
Mari kita menyambut 1 Syawal 1444 H, dengan hati yang suci dan dengan semangat yang baru Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia menghaturkan: SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI Taqaballohu minna wa minkum Semoga puasa membawa kita pada ketakwaan yang hakiki. Mohon maaf lahir dan batin #lebaran #idulfitri #maaflahirbatin #pdskji #dokter #idi #dokterjiwa #kesehatanjiwa #kesehatanmental https://www.instagram.com/reel/CrNfnRkJItC/?igshid=MDJmNzVkMjY=
Penandatanganan MOU Kerjasama PDSKJI & RANZCP - Australia
Pada Jumat pagi tanggal 14 April 2023 di Kolkata, India dilakukan penanda tangan Nota Kesepahaman antara PDSKJI dgn RANZCP ( Royal Australian And New Zealand College Of Psychiatrist ) yang langsung dilakukan oleh Prof. Andi J Tanra dengan Ass Prof Vinay Lakra.

Program kerjasama meliputi
- Pertukaran informasi antara kedua belah pihak di bidang edukasi dan riset dengan pengakuan kepemilikan yang sesuai meliputi pertukaran observer PPDS dan staf serta kemudahan fellowship/ sub spesialis di kedua negara.
- Kolaborasi Program pengembangan Kesehatan Jiwa dalam skala negara
- Pertukaran publikasi (buletin, jurnal, buku) antara kedua belah pihak dengan penekanan khusus ditempatkan pada pembentukan link langsung pada situs web masing masing asosiasi psikiatri kedua negara.
- Undangan ke Kongres masing-masing asosiasi profesi untuk menjadi pembicara dan peserta.
- Serta melakukan monitoring untuk dapat menginisiasi kerjasama baru yang dapat bermanfaat untuk kedua negara.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani untuk berlaku 5 tahun ke depan. Semoga Nota Kesepahaman ini menjadi titik awal Kerjasama yang menguatkan Psikiater Indonesia di kawasan Asia Pasifik serta bermanfaat bagi pengembangan program Kesehatan Jiwa untuk seluruh masyarakat Indonesia.

#pdskji #idi #psikiater #who #dokterspesialiskedokteranjiwa #sehatjiwa #sehatmental #ppdspsikiatri
https://www.instagram.com/p/CrLSjQQpi5O/?igshid=MDJmNzVkMjY=
SELAMAT MERAYAKAN JU'MAT AGUNG
Untuk saudara-saudaraku terkasih SELAMAT MERAYAKAN JUM'AT AGUNG "Untuk hidup dan pengharapan yang lebih baik." Semoga Tuhan Memberkati #jumatagung #haribesar #tuhanbaik #pdskji #psikiater #idi #dokterjiwa https://www.instagram.com/reel/CquLVwPpBaY/?igshid=MDJmNzVkMjY=
SELAMAT HARI PEDULI AUTIS SEDUNIA 2023
WORLD AUTISM AWARENESS DAY 2023 Hari Peduli Autisme Sedunia 2023 jatuh pada tanggal 2 April. Peringatan internasional ini tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap penyandang autisme di seluruh dunia. Dilansir situs resmi United Nations atau PBB, Hari Peduli Autisme Sedunia 2023 mengusung tema "Transformation: Toward a Neuro-Inclusive World for All" yang artinya "Transformasi: Menuju Dunia Neuro-Inklusif untuk Semua Tujuan Hari Peduli Autisme Sedunia untuk mendorong negara-negara anggota PBB mengambil tindakan dalam meningkatkan kesadaran tentang orang dengan gangguan spektrum autisme dan mendukung penelitian menemukan cara baru untuk meningkatkan kesehatan mereka. Selamat hari autisme sedunia #autis #autismawareness #autisemsupport #worldautismday #pdskji #idi #dokter #psikiater #sehatmental #sehatjiwa #spektrumautisme
SELAMAT HARI BIPOLAR SEDUNIA
MOOD mudah Berubah?
Itu Ciri GANGGUAN BIPOLAR!

Seorang pasien datang dengan keluhan emosi yg naik turun. Bila sedang marah seluruh barang di rumah bisa dipecahkan tetapi beberapa waktu kemudian dia bisa sedih sekali sehingga mau bunuh diri. Pikirannya terkadang loncat loncat tidak menentu, kadang merasa begitu berenergi tetapi kemudian lemah lesu dan tidak bertenaga. Beberapa kali saat kondisi mood yg berat muncul suara suara bisikan yg tdk ada sumbernya (halusinasi). Sebelumnya mood pasien meningkat, merasa sangat berenergi, belanja barang barang mahal yg kurang diperlukan dan waktu tidur yg sangat kurang. Pasien ini memiliki keluarga yg juga mengalami suatu gangguan mood/emosi, pernah menggunakan alkohol dan shabu shabu. Stresor pekerjaan yg berat juga sering membuatnya tertekan. Perubahan mood yg naik turun secara ekstrim seperti ini disebut sebagai gangguan Bipolar.

DEFINISI

Gangguan bipolar adalah gangguan yang dapat membuat mood seseorang yang normal dapat menjadi sangat ekstrim sehingga disebut manik depresif. Orang dengan gangguan bipolar memiliki mood yang tidak menentu(mood swing). Moodnya dapat berayun dari yang paling rendah (depresi) ke yang paling tinggi (mania). Saat sedang depresi, gejala yang terberat adalah risiko melakukan perilaku bunuh diri, sedangkan saat manik, yang terberat adalah perilaku berisiko yang bisa mengganggu dalam pekerjaan, relasi sosial dan masyarakat. Gangguan bipolar (gangguan manik depresi) adalah gangguan biologi yang cukup berat yang mengenai lebih dari 1 % dari populasi. Sebagai manusia kita pernah merasakan berbagai macam bentuk mood yaitu : gembira, sedih, marah,dll. Mood yang tidak nyaman dan perubahan pada mood adalah reaksi yang normal terhadap kehidupan sehari-hari. Tetapi ada perubahan mood yang menimbulkan gangguan pada fungsi sehari-hari, hal ini disebut sebagai gangguan mood. Gangguan mood adalah kondisi medis yang mempengaruhi mood dan apa yang kita rasakan.

JENIS

Terdapat 2 jenis gangguan mood yaitu :
Gangguan unipolar (1 kutub) : gangguan depresi mayor, yaitu mood yang menurun.
Gangguan bipolar (2 kutub) : terdapat mood yang meningkat yang dapat juga disertai mood yang menurun. Semua gangguan tsb berhubungan dengan perubahan kimiawi di otak.

GEJALA

Apa Saja Gejala—Gejala Gangguan Bipolar ?
Gejala pada Gangguan Bipolar adalah perubahan mood terjadi silih berganti. Pada satu waktu moodnya bisa meningkat, kemudian bisa berubah jadi menurun/depresi dan pada saat lain bisa normal. Terdapat 4 jenis episode mood pada gangguan bipolar :
1. Mania (episode manik)
Mania dimulai dengan perasaan senang disertai dengan energi yang berlebih, merasa sangat kreatif. Perasaan ini secara cepat berkembang menjadi suatu euphoria (perasaan senang yang sangat berlebihan) atau menjadi sangat irrirable/sensitif. Orang dengan mania biasanya menolak disalahkan dan sering malah marah menyalahkan orang yg menegurnya.
Selama satu minggu, terdapat gejala-gejala yang membuat pasien sulit berfungsi dalam hidup sehari-hari:
- Perasaan “tinggi”, euphoria, hebat, penting, mudah tersinggung
- Tidak butuh tidur, punya energi berlebih
- Berbicara sangat cepat sehingga tidak terikuti oleh orang lain
- Memiliki ide-ide yg banyak (racing thought)
- Perhatian gampang teralih/distracted
- Melakukan tindakan yang berbahaya tanpa memikirkan konsekuensinya (contoh: belanja, aktivitas seksual yg tdk sesuai, investasi yg salam,dll)
- Pada keadaan yg berat dapat muncul halusinasi dan waham (keyakinan yang salah)

2. Hipomania (episode hipomanik)
Episode ini lebih ringan dibandingkan episode manik dengan gejala-gejala yang sama tetapi tidak terlalu menyebabkan gangguan. Selama episode hipomanik ini, pasien dapat merasakan mood yang meningkat, merasa lebih baik dari biasanya dan merasa lebih produktif. Episode ini dirasakan sebagai perasaan yang baik dan jarang disadari oleh seseorang sebagai hal yang salah.

3.Depresi (episode depresi mayor)
Selama episode ini, selama 2 minggu pasien mengalami gejala-gejala :
- Perasaan sedih dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang sebelumnya diminati
- Kesulitan tidur atau tidur berlebihan
- Kehilangan nafsu makan atau makan jadi terlalu banyak
- Sulit berkonsentrasi atau sulit membuat keputusan
- Merasa jadi lambat atau tidak dapat duduk tenang
- Merasa tidak berharga, merasa bersalah dan memiliki harga diri yang rendah
- Berpikir tentang kematian dan bunuh diri
- Pada keadaan yang berat dapat juga muncul halusinasi dan waham (keyakinan yang salah)

4. Episode campuran
Dalam waktu yang singkat terdapat perubahan mood mulai dari mania dan depresi yang berlangsung bergantian.

PENANGANAN

Bagaimana Gangguan Bipolar Ditangani ?
- Obat – obatan :
1. Mood stabilizers : Lithium, Divalproex, Karbamazepin, Lamotrigin.
2. Anti psikotik : Aripiprazole, Olanzapine, Quetiapine, Risperidone.
3. Anti depresan : Amitriptilin, Fluoxetine, Sertraline, Escitalopram, Vortioxetine, Duloxetine
- PsikoEdukasi : pasien dan keluarga mempelajari mengenai gejala-gejala bipolar dan bagaimana mengatasinya termasuk mencegah komplikasinya. Pola hidup yg sehat.
- Psikoterapi : Membantu pasien dan keluarga untuk mengatasi pikiran, perasaan, dan perilaku yang mengganggu. Penekanannya pada deteksi dini gangguan, mengatur aktivitas dan tingkat stress, dan latihan keterampilan mengatasi masalah
- Rehabilitasi Psikososial: latihan keterampilan sosial, remediasi kognitif, terapi okupasi dan vokasional
- Neurofeedback dan Transcranial Magnetic Stimulation (TMS)
- Support Group : Suatu kelompok yang dibentuk untuk mempertahankan keadaan stabil pasien bipolar. Sebuah kelompok yang dapat memberikan pengertian, pemahaman dan membuat pasien bipolar merasa aman, diterima serta memotivasi pasien untuk mengikuti rencana terapi.

PERAN KELUARGA DAN TEMAN

Apa yang Dapat Dilakukan Keluarga dan Teman ?
- Memberikan motivasi pada orang dengan gangguan bipolar untuk berobat ke dokter, minum obat teratur dan menghindari alkohol serta obat terlarang
- Lihat dan waspadai gejala-gejala bunuh diri dan segera menghubungi rumah sakit atau kepolisian untuk mendapat pertolongan
- Berbagi tanggung jawab dengan anggota keluarga lainnya untuk mengurangi stress
- Tunjukkan bahwa selalu ada harapan untuk hidup yang lebih baik
- Selalu mencari informasi mengenai gangguan bipolar dan menerapkannya dalam kehidupan

dr.Lahargo Kembaren, SpKJ
(Humas PP-PDSKJI)
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN
Ramadhan tiba, mari kita sambut dengan suka cita. PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KEDOKTERAN JIWA INDONESIA mengucapkan SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN Semoga keberkahan selalu terlimpah dan puasa menjadikan kita semua menjadi insan yang lebih bertakwa. #puasa #ramadhan #ibadahpuasa #psdkji #idi #dokter #dokterspesialiskedokteranjiwa #psikiater #psikiatri #sehatjiwa #sehatmental https://www.instagram.com/reel/CqEVBshgJbY/?igshid=MDJmNzVkMjY=
SELAMAT HARI RAYA NYEPI
Untuk saudara-saudaraku yang merayakan hari raya Nyepi... Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia menghaturkan SELAMAT HARI RAYA NYEPI Semoga senantiasa diberikan kedamaian hati dan keselarasan dalam menjalani kehidupan. #nyepi #harirayanyepi #hindu #haribesar #pdaskji #idi #dokter #psikiater #damai https://www.instagram.com/reel/CqCUck3Jbvf/?igshid=MDJmNzVkMjY=
SELAMAT HARI PERAWAT NASIONAL KE-49
Menyambut hari perawat Nasional “Mari kita bergandengan tangan menyukseskan transformasi dibidang keswa Nasional”
KONAS PDSKJI MEDAN 2022
SELAMAT DAN SUKSES KETUA IDI PUSAT
PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KEDOKTERAN JIWA INDONESIA menghaturkan SELAMAT DAN SUKSES kepada DR. De. Moh. Adib Khumaidi., Sp.OT ketua IDI pusat atas diraihnya gelar doktor pada hari ini 23 Februari 2023. Semoga semakin bermanfaat bagi sesama. #kesehatanmental #sehatmental #psikiater #dokter #dokterspesialis #pdskji #who #dokterjiwa #selamat #idi https://www.instagram.com/reel/CpAdvtuplcJ/?igshid=MDJmNzVkMjY=
Masalah Psikologis 2 Tahun Pandemi COVID-19 di Indonesia
Surat Klarifikasi Seminar Kesehatan Mental (4 Juli 2020)
Artikel Virus Corona

Virus Corona Memang Menular Tapi KECEMASAN Menular Lebih Cepat

(Bagaimana sikap mental kita menghadapi bahaya virus corona?)

Satu hari yang lalu pemerintah mengumumkan bahwa ada kasus corona di Indonesia. Segera setelah itu muncul berbagai reaksi di masyarakat dan terlihat KECEMASAN cepat sekali menghinggapi setiap orang yg menyebabkannya melakukan perilaku : memborong masker, sanitizer, sembako, banyak orang menggunakan masker di tempat-tempat umum, dll. Rasa cemas adalah reaksi emosi yg wajar yang disebabkan oleh suatu keadaan yg tidak diharapkan yang diasumsikan dapat menimbulkan bahaya.

Rasa cemas akan memberikan respon pada tubuh untuk cepat melakukan perlindungan untuk memastikan keamanan. Reaksi emosi cemas ini positif dan baik apabila dirasakan dan direspon sewajarnya. Tetapi apabila direspon secara berlebihan atau reaktif akan menyebabkan suatu Gangguan Cemas (ANSIETAS), yang ditandai dengan gejala-gejala :

- khawatir, gelisah, panik

- takut mati, takut kehilangan kontrol

- jantung berdebar lebih kencang

- nafas sesak, pendek, berat

- perut mual, kembung, diare

- kepala pusing, berat, terasa ringan

- kulit terasa gatal, kesemutan

- otot otot terasa tegang dan nyeri

- gangguan tidur

Seperti Apa Sikap Mental Kita Menghadapi Virus Corona? Ada 2 sikap mental yang terjadi, yaitu:

1. Reaktif Sikap mental yang ditandai dengan reaksi yg cepat, tegang, agresif terhadap keadaan yg terjadi dan menyebabkan kecemasan, kepanikan.

2. Responsif Sikap mental yg ditandai dengan sikap tenang, terukur, mencari tahu apa yg harus dilakukan dan memberikan respon yg tepat dan wajar. Ketika seseorang lebih memilih REAKTIF daripada RESPONSIF, maka kehidupan mental nya akan terpengaruh dan dapat berujung pada Gangguan Cemas (ansietas). Sikap mental RESPONSIF memiliki tahapan :

1. Breathe : Ambil waktu untuk berpikir apa yg akan dilakukan, yg bermanfaat dan tidak berlebihan

2. Assess : Cek fakta yang valid dari sumber terpercaya, hindari informasi yg salah, berlebihan, yg membuat kecemasan berlebihan.

3. Action : Lakukan tindakan yg sesuai yg dianjurkan, tetap nilai risikonya dan tetap tenang.

4. Reflect : Merefleksikan apa yg sudah dilakukan, menilai situasi terkini dan mempersiapkan respon berikutnya yg akan diambil.

Kita semua takut dan cemas menghadapi Virus Corona ini tapi, takut dan cemas berlebihan akan menyebabkan kondisi mental kita terganggu. Tetap waspada tapi tetap tenang. HINDARI juga menyebarkan informasi yg belum kita tahu kebenarannya, informasi yg dapat memicu kepanikan karena "Kecemasan lebih cepat menular dibanding virus itu sendiri".

"Saring" sebelum "Sharing"

Kesehatan Mental sama pentingnya dengan Kesehatan Fisik! Apabila kita mengalami gangguan cemas (ansietas) segera konsultasikan ke profesional kesehatan jiwa terdekat seperti Psikiater, Perawat jiwa, Psikolog, Dokter umum terlatih, Pekerja Sosial dan konselor agar segera mendapat pertolongan.

STAY HEALTHY, STAY CALM !!!

dr.Lahargo Kembaren, SpKJ

- Psikiater, Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

Survey IDI Mengenai Waktu dan Pelayanan Dokter