Posted by

Seminar PDSKJI Banten: "Komorbiditas Gangguan Cemas dan Depresi pada Penyalahgunaan Zat"



     Mengawali tahun 2018, PDSKJI Banten yang diketuai oleh dr. Jap Mustopo Baktiar, SpKJ kembali mengadakan seminar kesehatan jiwa yang dikhususkan untuk dokter spesialis dan dokter umum di daerah Tangerang dan sekitarnya. Di sepanjang tahun 2017, kita sering mendengar dan menyaksikan berita mengenai beberapa pabrik narkoba dan penyalahgunaan zat yang ditemukan di daerah Tangerang. Kurangnya pengetahuan dan adanya kecenderungan penyalahgunaan obat untuk mengatasi gangguan psikologis yang dialami mengakibatkan pasien tidak mendapatkan terapi yang tepat. Oleh karena itu, panitia yang diketuai oleh dr. Fransiska Irma Simarmata, SpKJ mengangkat tema di bidang psikiatri adiksi mengajak para sejawat untuk belajar dan berdiskusi bersama dalam mengatasi masalah penyalahgunaan zat khususnya di daerah Tangerang.

     Sesi pertama yang dimoderatori oleh dr. Jap Mustopo Baktiar, SpKJ, mengajak 2 pembicara senior dari seksi Psikiatri Adiksi. Pembicara pertama dr. Al Bachri Husin, SpKJ membawakan mengenai Substance Abuse as a Brain Disease, bagaimana zat adiktif mengakibatkan perubahan di otak dan seberapa efektifnya terapi yang diberikan saat ini. Pembicara kedua dr. Ratna Mardiati, SpKJ(K) membawakan mengenai Komorbiditas Adiksi dengan gangguan Anxietas dan Depresi. Dari sesi pertama, diharapkan peserta memahami hal-hal apa saja yang mendasari seseorang ketergantungan suatu zat, sehingga kita bisa memilih pendekatan terapi yang tepat.

     Sesi kedua dimoderatori oleh dr. Rosmalia Suparso, SpKJ, dan mengajak 3 pembicara yang sudah berpengalaman di dalam bidang Adiksi. Pembicara pertama dr. Carlamia H Lusikooy, SpKJ membahas mengenai Penalataksanaan Substance Use Disorder di Layanan Primer, pembicara kedua dr. Iman Firmansyah, SpKJ membahas mengenai New Psychoactive Substances in Tangerang-Banten, dan pembicara ketiga dr. Kristiana Siste K, SpKJ(K) membahas mengenai Management of Prescription Drugs Abuse. Dari sesi kedua ini, peserta diajak untuk lebih mengerti perkembangan terkini masalah penyalahgunaan zat di Indonesia, khususnya di daerah Tangerang sendiri, dan bisa memberikan terapi serta rujukan yang tepat.

     Acara ini dapat berlangsung berkat kerjasama tim panitia dari anggota PDSKJI Banten, Mayapada Hospital, dan sponsor tunggal PT Mersifarma Indonesia. (Lito)

Back To Berita »