Posted by Administrator | Kategori: Psikoterapi

KEGIATAN KONAS VI PSIKOTERAPI


SEKILAS KEGIATAN
KONFERENSI NASIONAL VI PSIKOTERAPI MALANG
Oleh : dr. Yaniar Mulyantini, SpKJ, dr. Petrin Redayani Lukman, SpKJ(K), MPdKed
Seksi Psikoterapi PDSKJI 
 

  Seksi Psikoterapi PDSKJI kembali menyelenggarakan Konferensi Nasional Psikoterapi untuk keenam kalinya. Pada tahun ini konferensi berlangsung di Hotel Harris Malang, dari tanggal 16 - 18 Maret 2017. Konferensi ini merupakan wadah untuk mempertemukan praktisi, akademisi, serta peneliti di bidang psikoterapi agar dapat berbagi pengalaman klinis, serta sebagai sarana penyebaran perkembangan pengetahuan baru di bidang psikoterapi. 

  Konas VI Psikoterapi mengusung tema “Strategi Psikoanalitik untuk Praktik Psikiatrik yang Lebih Terapeutik”. Melalui tema ini dilakukan pembahasan psikoanalisis lebih mendalam disertai dengan pembelajaran melalui berbagai kasus, yang disajikan dalam bentuk seminar, kuliah tamu, juga lokakarya. Konferensi kali ini menyajikan kualitas dan daya tarik yang cukup besar bagi para praktisi maupun akademisi di seluruh Indonesia, yang ditandai dengan peningkatan jumlah peserta konferensi yaitu sebanyak 364 peserta. 

  Satu hari sebelum konferensi, dilaksanakan 4 acara lokakarya yang diadakan secara paralel. Lokakarya pertama adalah Psikoterapi Psikodinamik untuk Staf Pengajar, yang juga merupakan salah satu kegiatan dari Seksi Psikoterapi PDSKJI sebagai upaya untuk menngkatkan kompetensi staf pengajar psikoterapi di pusat pendidikan Indonesia. Acara ini disampaikan oleh Prof.Cesar A. Alfonso dari Columbia University Amerika Serikat-Psychoanalysis in Psychiatry Section (PIP) WPA, dibantu oleh Dr. dr. Limas Sutanto, SpKJ(K), MPd, dr. Sylvia Detri Elvira, SpKJ(K), dr. Petrin Redayani, SpKJ(K), MPd.Ked. Acara dihadiri oleh 21 staf pengajar psikoterapi yang berasal dari pusat pendidikan seluruh Indonesia. Lokakarya kedua adalah Psikoterapi pada Kasus Adiksi Nikotin, Fokus pada Terapi dan Pencegahan Kekambuhan. Acara ini dipandu oleh dr Eva Suryani SpKJ, dr Tribowo Ginting SpKJ(K), dr Kristiana Siste, SpKJ(K), dan diikuti oleh 25 peserta. Lokakarya berikutnya adalah Pemahaman Psikoanalisis pada Praktik Terapi Keluarga, yang disampaikan oleh dr Heriani SpKJ(K), dan dr Feranindhya Agiananda, SpKJ(K), serta dihadiri oleh 33 peserta. Pada kesempatan ini seksi Indo-ECP juga mengadakan Pelatihan Kepemimpinan dan Pengembangan Profesi bagi Psikiater Muda yang disampaikan oleh tim Indonesian Early Career Psychiatrist (Indo-ECP) dan dihadiri oleh 22 peserta.

  Konas VI Psikoterapi dihadiri dan dibuka oleh Ketua PDSKJI Pusat, dr Eka Viora, SpKJ pada tanggal 17 Maret 2017, yang kemudian dilanjutkan dengan acara ilmiah. Konferensi kali ini berhasil mendatangkan dua pembicara ahli psikoterapi dari Amerika Serikat, yaitu Prof. Cesar Alfonso, dan Prof. Frank Summers, Ph.D yang membawakan topik terkini dalam bidang psikoanalisis dengan materi “Practicing Psychoanalysis in a World Heavily Impregnated With Technology: Opportunities and Challenges”. 

  Acara ilmiah pada hari pertama konferensi dibuka dengan keynote speech yang disampaikan oleh dr. Sylvia D Elvira, SpKJ(K), dengan materi “Manfaat Strategi Psikoanalitik pada Psikoterapi dalam Praktik Psikiatri”. Seluruh peserta konferensi juga berkesempatan untuk menyaksikan secara langsung praktik psikoanalisis bersama seorang pasien, yang dilakukan oleh Dr.dr. Limas Sutanto, SpKJ(K), MPd. Acara ini menjadi semakin menarik dengan adanya diskusi dari para supervisor dan penelaah praktik psikoanalisis, seperti Prof Cesar Alfonso, Prof. Frank Summer, Prof. Sasanto Wibisono, SpKJ(K), dan dr. Sylvia D Elvira, SPKJ(K). 

  Acara ilmiah hari kedua juga diisi dengan berbagai tema yang menarik, salah satunya kuliah yang disampaikan oleh Prof. Cesar Alfonso dengan materi “Psychodynamics of Altruism and Social Responsibility”. Pada konferensi kali ini kembali dilombakan D. Bachtiar Lubis Award bagi pemakalah terbaik lomba makalah bebas psikoterapi, serta penghargaan untuk peserta dengan poster terbaik. Penghargaan ini penting untuk semakin meningkatkan ketertarikan para praktisi di bidang psikoterapi.  Acara ilmiah diakhiri dengan diskusi panel mengenai pendidikan psikoterapi psikodinamik di Indonesia yang tentunya menjadi hal penting demi terciptanya perkembangan ilmu psikoterapi di Indonesia.

  Pasca konferensi dilaksanakan acara kuliah terbatas untuk peserta pelatihan psikoterapi psikodinamik tahap lanjut yang disampaikan oleh Prof. Cesar Alfonso. Kuliah terbatas ini merupakan rangkaian akhir dari kegiatan Pelatihan Psikoterapi Psikodinamik Lanjutan untuk peserta didik Pendidikan Dokter Spesialis dan staf Departemen Psikiatri FKUI/RSCM yang telah dilakasanakan sejak 1 September 2016. Acara tersebut dipandu oleh Prof. Cesar Alfonso dari Columbia University Medical Center, New York sebagai pengajar utama, dan dr.Sylvia Detri Elvira, SpKJ(K), serta dr.Petrin Redayani, SpKJ(K), MPd.Ked sebagai pengajar pendamping.

  Pelaksanaan konferensi kali ini dilengkapi dengan terpilihnya Ketua Seksi Psikoterapi baru, periode 2017-2019 melalui Sidang Organisasi Psikoterapi yang diadakan pada tanggal 16 Maret 2017, yaitu dr. Petrin Redayani Lukman, SpKJ(K),MPd.Ked. Semoga dengan terpilihnya Ketua Seksi Psikoterapi yang baru akan semakin memajukan dan mengembangkan psikoterapi di Indonesia. Sampai berjumpa di acara ilmiah Seksi Psikoterapi selanjutnya.